Thursday, June 3, 2010

Apa itu Web CMS


Web Content Management System (WCM, WCMS atau Web CMS) adalah perangkat lunak Content Management System (CMS), diimplementasikan sebagai aplikasi Web , untuk menciptakan dan mengelola konten seperti HTML , tetapi juga termasuk XML dan SVG pada khususnya. Hal ini digunakan untuk mengelola dan mengendalikan content yang dinamis dan sangat komplek untuk sebuah web (dokumen HTML dan gambar yang terkait). Sebuah WCMS memfasilitasi penciptaan content, kontrol content, mengedit, dan memelihara atau mengupdate content.

Perangkat lunak ini menyediakan authorisasi (dan lainnya) yang dirancang untuk memungkinkan pengguna dengan sedikit pengetahuan tentang bahasa pemrograman untuk membuat dan mengelola konten dengan relatif mudah.

Kebanyakan sistem menggunakan database untuk menyimpan konten, metadata , atau yang lainnya yang mungkin dibutuhkan oleh sistem.

Untuk lebih mempermudah pengembangan sebuah CMS, biasanya terdapat set - set template yang bisa gunakan baik itu secara gratis ataupun berbayar.

Administrasi biasanya dilakukan melalui antarmuka berbasis browser, namun beberapa sistem memerlukan penggunaan fat client.

Tidak seperti pembangun-situs Web, sebuah WCMS memungkinkan pengguna non-teknis untuk melakukan perubahan pada sebuah website dengan sedikit pelatihan.

Kemampuan Web CMS:

Template otomatis
Membuat template output standar (biasanya HTML dan XML ) yang dapat secara otomatis diterapkan, yang memungkinkan penampilan semua konten berubah sesuai template

Content mudah diedit
Lebih mudah dan cepat untuk mengedit dan memanipulasi. Kebanyakan perangkat lunak WCMS, terdapat WYSIWYG yaitu alat editing yang memungkinkan individu non-teknis untuk membuat dan mengedit konten.

Scalable feature sets
Kebanyakan perangkat lunak WCMS termasuk plug-ins atau modul yang dapat dengan mudah diinstal untuk memperluas fungsi situs yang sudah ada.

Standar web upgrade
perangkat lunak WCMS biasanya menerima update reguler yang termasuk set fitur baru dan menjaga sistem sampai dengan standar web saat ini.

Workflow manajemen
  
Delegation
    
Document management
Software CMS dapat menyediakan cara untuk mengelola siklus hidup dokumen dari waktu penciptaan awal, melalui revisi, publikasi, arsip, dan kehancuran dokumen.

Content virtualization
Software CMS dapat menyediakan sarana yang memungkinkan setiap pengguna untuk bekerja dalam salinan virtual dari seluruh situs web, mengatur dokumen, dan / atau basis kode.

Content syndication
Software CMS sering membantu dalam distribusi konten dengan menghasilkan RSS dan Atom feed data ke sistem lain. Mereka mungkin juga e-mail pengguna ketika pembaruan tersedia sebagai bagian dari proses alur kerja.

Multilingual
Kemampuan untuk menampilkan konten dalam berbagai bahasa

No comments:

Post a Comment